Home » » Pemkab Usulkan Rp13,2 Miliar untuk KTM Silaut

Pemkab Usulkan Rp13,2 Miliar untuk KTM Silaut

Pemkab Usulkan Rp13,2 Miliar untuk KTM Silaut

Sabtu, 17/12/2011



Painan, (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengusulkan dana Rp13,2 miliar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2012 untuk pembangunan Kota Terpadu Mandiri Lunang Silaut.
Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pesisir Selatan Zefnihan ketika dihubungi di Painan, Sabtu, mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan pembangunan pada pusat KTM Silaut yang terletak di wilayah paling ujung kabupaten itu atau sekitar 230 kilometer dari pusat kabupaten (Painan).
“Dana dari APBN 2012 akan digunakan untuk pembangunan jalan ke Silaut VI, pasar dan beberapa infrastruktur pusat perkotaan lainnya,” ujar Zefnihan.
Sementera dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pesisir Selatan 2012 akan dialokasikan dana Rp2,5 miliar. Dana dari kabupaten yang disebut sebagai “sharing” atau pendamping program itu akan digunakan untuk pengembangan pembangunan kawasan yang berada diluar pusat KTM, seperti peningkatan jalan menuju usaha perekonomian masyarakat dan lainnya.
Hingga 2011, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah mengucurkan dana untuk pembangunan sarana prasarana fisik dan infrastruktur dasar pada pusat KTM itu mencapai Rp29,97 milliar.
Dana sharing dari kabupaten dan Provinsi Sumatera Barat sebesar Rp13,33 miliar. Jumlah dana yang dialokasikan tersebut belum sepenuhnya dapat memenuhi kebutuhan infrastruktur pokok yang harus ada di kawasan pusat KTM Lunang Silaut.
Pembangunan KTM Lunang Silaut sudah dimulai sejak 2008 setelah kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke daerah itu pascagempa 2007.
Diawali dengan penyusunan master plan oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi (P2MKT) Kementerian Tenaga Kerja dan transmigrasi, hingga kini pembangunannya telah menghabiskan biaya Rp43,3 miliar.
Kata Zefnihan, program pengembangan wilayah KTM merupakan solusi dalam upaya percepatan pembangunan kawasan transmigrasi.
Program tersebut diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi dan menjadikan kabupaten ini keluar dari daerah tertinggal.
Dengan pengembangan kota yang dikenal dengan KTM masyarakat diharapkan cepat bangkit dari keterpurukan, baik ekonomi maupun sarana dan prasarana.
Zefnihan menyebutkan, percepatan pembangunan ekonomi di daerah memang menjadi salah satu tujuan program transmigrasi selain pengentasan masyarakat dari kemiskinan dan mengatasi masalah penyebaran penduduk.
“Kami berharap program-program strategis ini dapat memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih Telah Berkomentar, Semoga Ini Memabawa kebaikan kedepannya.. amien

post populer

Comment

Template information

 
Support : veodera | veodera | veodera
Copyright © 2013. SILAUT MEDIA - All Rights Reserved
Created by Creating Website Published by Template
Proudly powered by Blogger